Rabu, 29 November 2017

Alat Pengaman pada Ketel Uap (Boiler)


Alat-alat pengaman yang ada pada ketel uap
Mari kita pelajari apa saja alat-alat pengaman yang ada pada ketel uap,            
Mengingat bahwa tekanan kerja dan temperatur ketel yang tinggi, maka ketel harus dilengkapi dengan alat-alat pengaman sebagai berikut : 

            Alat ini bekerja membuang uap pada tekanan yang telah ditentukan sesuai dengan penyetelan klep pada alat ini. Umumnya pada katup pengaman tekanan uap basah (saturated steam) disetel pada tekanan 21 kg/cm2, sedangkan pada katup pengaman tekanan uap lanjut (superheated steam) di setel pada tekanan 20,5 kg/cm2. Penyetelan hanya dilakukan bersama hanya dengan petugas BPNKK (Badan Pembina Norma Keselamatan Kerja) setelah adanya pemeriksaan berkala atau revisi besar.
            Gelas penduga adalah alat untuk melihat tinggi air didalam drum atas, untuk memudahakan pengontrolan air dalam ketel waktu operasi. Agar tidak terjadi penyumbatan-penyumbatan pada kran-kran uap dan air pada alat ini, maka perlu diadakan spui air secara priodik pada semua kran minimal setiap 3 (tiga) jam. Gelas penduga ini dilengkapi dengan alat pengontrol air otomatis, bel akan berbunyi dan lampu merah akan menyala pada waktu kekurangan air. Pada waktu kekurangan air, bell akan berbunyi dan lampu kuning akan hidup.
            Kran splai air ini dipasang 2 (dua) tingkat, satu buah kran buka cepat (quick action valve) dan satu buah lagi kran ulir. Bahan dari kedua kran ini dibuat dari bahan yang bertekanan dan terperatur tinggi.
            Manometer adalah alat pengukur tekanan uap di dalam ketel yang dipasang satu buah untuk tekanan uap di panasi lanjut dan satu buah lagi untuk tekan uap basah. Untuk menguji kebenaran penunjuk alat ini, pada setiap manometer di pasang kran cabang tiga yang digunakan untuk memasang manometer panera (manometer tera).
e.       Kran uap induk
            Kran uap induk berfungsi sebagai alat untuk membuka dan menutup alairan uap keluar ketel yang terpasang pada pipa induk. Alat ini dibuat dari bahan tahan panas dan tekanan tinggi.
f.       Kran pemasukan air
            Kran pemasukan air terdiri 2 (dua) buah kran yaitu satu buah kran ulir dan satu buah lagi kran arah ( non return valve). Kedua alat ini terbuat dari bahan yang tahan panas dan tekanan tinggi.
Perlengkapan-perlengkapan lain yang diperlukan untuk ketel uap adalah :
1.        Pengaturan pemasukan air umpan otomatis (automatic feed water regulator).
2.        Panel-panel listrik komplit alat ukur.
3.        Alat pencatat tekanan dan temperatur (manometer temperatur recorder).
4.        Kran-kran buangan udara dan air.

4 komentar:

  1. Dalam penjelasan alangkah baiknya jika di beri gambar alat agar lebih mudah untuk memahami dan mengetahui bayangan untuk berimajinasi

    BalasHapus
  2. Pingin bli pengaman boiler tp takut karna blum sy coba.takutnya meledak.ap bs bantu sy untuk lbih jlas.untuk bli boiler kayaknya dana sy blum ad

    BalasHapus
  3. ingin bertanya kenapa pada setiap manometer di pasang kran cabang tiga?

    BalasHapus